A. Pilihlah jawaban yang paling tepat.
1. Perhatikan beberapa gejala sosial di masyarakat berikut !
1. Para pemimpim saling memberikan saran untuk mencapai konsensus
2. Seorang dermawan memberi sedekah kepada masyarakat korban bencana
3. Dua tim tennis meja bermain serius dan sportif untuk berebut gelar juara
4. Seorang pelaku tindak penipuan tertangkap basah dan dihakimi oleh massa
Interaksi sosial disosiatif terdapat pada ….
a. 1 dan 2 c. 2 dan 3 e. 3 dan 4
b. 1 dan 3 d. 2 dan 4
2. Masyarakat kampus giat melakukan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perilaku tersebut didasari dan berorientasi pada nilai ….
a. kebendaan/material c. kebenaran/logika e. kegiatan/vital
b. kerohanian/spiritual d. keindahan/estetika
3. Ketika berjumpa dengan teman, setiap siswa saling bertegur sapa secara sopan tercipta hubungan pertemanan yang teratur. Tindakan sopan dalam tegur sapa tersebut merupakan unsur pembentuk keteraturan sosial yang dinamakan ….
a. keajegan perilaku c. tertib perilaku e. norma sosial
b. pola perilaku d. tatanan sosial
4. Sosialisasi adalah proses sosial individu menyesuaikan diri dengan nilai, norma, dan, peran sosial di masyarakatnya dalam rangka pembentukan kepribadian. Tujuan sosialisasi tersebut adalah ….
a. menghormati nilai c. menjalankan peran sosial e. mengembangkan pergaulan
b. mematuhi norma sosial d. membentuk kepribadian
5. Ketika masih kecil, anak dilatih oleh orang tua tentang cara bergaul dengan baik. Jika anak melakukan kesalahan, orang tua memberikan sanksi. Dalam membentuk moral anak, orang tua kurang memberikan kebebasan, sebab ajaran moral lebih didasarkan tradisi, bukan rasio. Cara sosialisasi tersebut bersifat ….
a. sekunder c. ekualiter e. tertier
b. otoriter d. primer
6. Setiap keluarga berusaha untuk mendidik generasi penerusnya memiliki moral perilaku yang baik. Media sosialisasi yang difungsikan untuk membentuk kepribadian anak dengan kualitas ideal tersebut adalah ….
a. keluarga c. teman sebaya e. lingkungan kerja
b. sekolah d. media massa
7. Anak yang dibesarkan dalam lingkungan keluarga berbudaya Sunda dapat menjadi dewasa dengan berkepribadian budaya Sunda; sedangkan anak yang hidup di lingkungan budaya Jawa akan menjadi orang dewasa dengan berkepribadian budaya Jawa. Kenyataan tersebut membuktikan, bahwa proses sosialisasi berhubungan dengan ….
a. daerah asal c. Kemasyarakatan e. tingkat pendidikan
b. kebudayaan d. asal keturunan
8. Sejak orang tuanya cerai, Summa (nama samaran) banyak bergaul dengan kelompok remaja jalanan yang biasa hidup bebas dan suka begadang hingga dini hari. Akibat dari kebiasaan salah gaul tersebut, Ia sering berbuat onar di lingkungan. Dalam pandangan sosiologi, perilaku menyimpang tersebut disebabkan oleh proses sosialisasi ….
a. Primer c. tidak sempurna e. perbedaan lingkungan
b. sekunder d. konflik budaya
9. Ketika melihat pelaku curanmor (pencurian kendaraan bermotor), masyarakat beramai-ramai mengejar, menangkap, dan menghakimi dengan kekerasan fisik. Berdasarkan reaksi/respons dari masyarakat, tindak pencurian termasuk jenis penyimpangan ….
a. primer c. individual e. komunal
b. Sekunder d. kolektif
10. Secara individual maupun kelompok, masyarakat yang baik selalu melakukan gerakan menegur dan meluruskan perilaku menyimpang dengan memberikan sanksi ringan atau berat. Pada dasarnya, pengendalian sosial tersebut dilakukan oleh masyarakar guna memenuhi kebutuhan terhadap ….
a. Kemajuan c. kesejahteraan e. kebersamaan
b. Keteraturan d. kemakmuran
11. “Hati-hati ke sekolah, jangan ngebut di jalan”. Kata Ibunda kepada anak yang akan berangkat ke sekolah dengan berkendaraan motor sendiri.
Contoh pengendalian sosial yang dilakukan seorang Ibu tersebut, berdasarkan sifatnya, tergolong jenis ….
a. Preventif c. represif e. koersif
b. Destruktif d. persuasif
12. Semua lembaga hukum dan aparatnya (polisi, hakim, jaksa) mempunyai peran bagi terciptanya keteraturan sosial di masyarakat berdasarkan norma hukum. Oleh sebab itu mereka tergolong jenis lembaga sosial ….
a. Formal c. non-formal e. khusus
b. Informa d. l umuml
13. Perhatikan gambar pelapisan sosial berikut!
Keterangan:
2 2 = Perwira Menengah
------------------------ 3 = Perwira Rendah
3
Faktor yang menjadi dasar atau parameter pelapisan sosial pada gambar di atas adalah ….
a. pendidikan c. keturunan. e. keahlian
b. Kekayaan d. kekuasaan
14. Secara sederhana, struktur sosial kolonial Indonesia pada masa penjajahan Belanda dapat digambar sebagai berikut!
Keterangan:
1
2 2 = Golongan Kulit Kuning
3
Pelapisan sosial pada gambar diatas bersifat tertutup karena tidak terjadi proses ….
a. mobilitas vertikal c. pewarisan biologis e. diferensiasi fungsional
b. stratifikasi sosial d. diskriminasi pribumi
15. Dalam tinjauan ekonomi, masyarakat Indonesia terdiri dari kelompok petani, pegawai, pedagang, pengusaha, tentara, polisi, serta. Keragaman tersebut membentuk struktur sosial horizontal -bukan vertikal- artinya ….
a. semua kelompok mempunyai tingkat kesejahteraan yang sama
b. setiap kelompok mempunyai sistem budaya dan adat yang khas
c. kelompok sosial mempunyai hak untuk hidup berdampingan
d. perbedaan jenis pekerjaan tidak membedakan tingkat status
e. perbedaan pekerjaan menjadi modal pembangunan nasional
16. Bebarapa gejala sosial dalam masyarakat:
1. Perubahan sosial yang cepat dalam tempo singkat
2. Setiap masyarakat melakukan pengendalian sosial
3. Masing-masing orang mempunyai kepentingan sendiri
4. Perilaku masyarakat didasarkan nilai dan norma setempat
Yang dapat (berpotensi) menjadi penyebab terjadinya konflik sosial dalam masyarakat adalah ….
a. 1 dan 2 c. 2 dan 3 e. 3 dan 4
b. 1 dan 3 d. 2 dan 4
17. Sejak reformasi banyak konflik terjadi di masyarakat, antara lain konflik diantara tokoh dan pendukung partai politik peserta pemilihan kepala daerah (Pilkada). Dilihat dari segi tingkat statusnya, konflik tersebut tergolong bersifat ….
a. indivual c. vertikal e. regional
b. kelompok d. horizontal
18. Perselisihan lahan antartetangga dapat diatasi melalui musyawarah yang dipandu dan difasilitasi oleh tokoh setempat. Bentuk akomodasi penyelesaian konflik tersebut dinamakan ….
a. koversi c. kompromi e. adjudikasi
b. Mediasi d. konsiliasi
19. Kemajemukan sebuah komunitas dapat digambarkan sebagai brikut!
Kelompok: Kelompok:
Pedagang Pedagang
Kedua kelompok bertetangga yang sama-sama berdagang, namun berbeda jenis agama tersebut membentuk struktur sosial ….
a. konsolidasi sosial c. integrasi sosial e. konflik sosial
b. interseksi sosial d. diferensiasi sosial
20. Karena kekurangan lahan untuk bercocok tanam, banyak keluarga petani dari Jawa dan Bali bertransmigrasi ke wilayah lain dan menjadi petani tangguh yang sukses. Terjadinya transmigrasi dan mobilitas sosial vertical naik tersebut didorong oleh faktor ….
a. keterbatasan sarana c. kepadatan penduduk e. kebudayaan pertanian
b. kemiskinan ekonomi d. keterampilan bertani
21. Beberapa karyawan atau pegawai yang terbukti melanggar disiplin perusahaan dikenai sanksi pemecatan secara tidak terhormat oleh pimpinannya. Sejumlah oknum yang dipecat tersebut mengalami mobilitas sosial ….
a. Geografis c. horizontal . e. campuran
b. Penduduk d. vertikal
22. Perhatikan lembaga sosial dalam masayarakat berikut !
1. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal
2. Organisasi keagamaan dibentuk oleh umat beragama
3. Perkumpulan professional yang diikuti para sarjana
4. Badan usaha yang dimiliki oleh negara maupun swasta
Yang dapat menjadi saluran efektif untuk mobilitas sosial secara demokrratis berdasarkan prestasi akademis adalah ….
a. 1 dan 2 c. 2 dan 3 e. 3 dan 4
b. 1 dan 3 d. 2 dan 4
23. Sering sekali kita melihat sejumlah orang beragama berkumpul di tempat ibadahnya. Meskipun berbeda suku dan daerah asal, mereka memiliki ikatan hubungan sosial yang kuat berdasarkan faktor ….
a. teritorial/wilayah c. sakral/hal yang suci e. tradisional/adat
b. geneologis/darah d. komunal/kelompok
24. Ciri hubungan sosial di masyarakat antara lain:
1. Rasa setia kawan atau solidaritas sangat kurang
2. Lebih banyak melakukan interaksi secara tatap muka
3. Mementingkan manfaat dan keuntungan ekonomis
4. Saling mengenal secara pribadi (hubungan personal)
Diantara ciri tersebut yang terdapat pada kehidupan masyarakat paguyuban adalah ….
a. 1 dan 2 c. 2 dan 3 e. 3 dan 4
b. 1 dan 3 d. 2 dan 4
25. Kemajemukan masyarakat Indonesia di bidang kehidupan berbudaya ditandai dengan adanya kebhinnekaan/keragaman dalam aspek ….
a. jenis suku yang sangat banyak c. struktur wilayah yang tidak sama e. jenis pekerjaan dan penghidupan
b. agama yang dianut masayarakat d. adat dan kebiasaan masyarakat
26. Masyarakat Indonesia bersifat multi-etnis dengan keragaman kelompok suku yang berbeda dan semuanya berhak untuk hidup bersama. Dalam tinjauan sosiologis, realitas sosial tersebut disebabkan oleh faktor sosiologis-historis, yakni ….
a. letak wilayah di antara dua samudera dan dua benua besar
b. keterbaatasaan sarana komunikasi dan transportasi masa lalu
c. pengalaman dijajah bangsa-bangsa besar sebelum merdeka
d. sumber kekayaan alam yang tersebar di seluruh nusantara
e. isolasi sosial karena bentuk wilayah geografis kepulauan
27. Sikap-perilaku individu dalam masyarakat:
1. Bersedia membangun usaha-bisnis bersama orang yang berbeda agama.
2. Membentuk perkumpulan khusus bagi orang-orang sedaerah asal.
3. Belajar ilmu yang disampaikan oleh orang dari suku/agama apa saja.
4. Kurang suka menonton pertunjukan seni tradisional budaya Sunda
Yang tidak merusak kerukunan dan sesuai dengan kehidupan multikultural adalah ….
a. 1 dan 2 c. 2 dan 3 e. 3 dan 4
b. 1 dan 3 d. 2 dan 4
28. Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan … yang mencakup di dalamnya nilai-nilai dan pola-pola perilaku …(Prof. Selo Soemardjan)
Pendapat tersebut menjelaskan tentang ….
a. tujuan masyarakat c. pola-pola perilaku e. unsur yang berubah
b. lembaga sosial d. pelaku perubahan
29. Perubahan mode busana mengikuti pola melingkar-berulang. Dari busana longgar berubah ketat; dan setelah beberapa waktu lagi, secara bertahap mode busana mengalami perubahan menjadi longgar kembali, kemudian ketat lagi dan seterusnya. Irama atau pola perubahan tersebut berbentuk ….
a. linear c. Inovasi e. evolusi
b. siklus d. revolusi
30. Faktor-faktor penyebab perubahan sosial dalam masyarakat:
1. Penemuan baru peralatan dan perlengkapan hidup masyarakat
2. Konflik perselisihan diantara kelompok partai politik peserta Pilkada
3. Bencana alam yang menimbulkan perubahan lingkungan hidup
4. Penetrasi atau masuknya unsur budaya asing melalui media massa
Yang tergolong faktor intern bagi terjadinya perubahan sosial adalah ….
a. 1 dan 2 c. 2 dan 3 e. 3 dan 4
b. 1 dan 3 d. 2 dan 4
31. Globalisasi menghilangkan batas-batas sosial-budaya dan memberikan keleluasaan bagi individu untuk melakukan kegiatan travel, trade, dan telecommunication secara lintas negara. Jika mampu mengambil manfaat dari globalisasi tersebut, kebebasan komunikasi dengan dunia luar memberikan dampak positif dalam bentuk ….
a. masuknya investasi asing c. tingginya persaingan bisnis/usaha e. lunturnya jati diri/kepribadian bangsa
b. banyaknya impor barang dari luar d. mudahnya mendapatkan informasi
32. Modernisasi mengubah kehidupan masyarakat menjadi serba efisien, produktif, praktis dan nyaman. Namun, modernisasi juga mendorong terciptanya pola hidup konsumtif dan cenderung mengejar kemewahan duniawi dengan munculnya gaya hidup ….
a. anarkhis, melakukan pengrusakan fasilitas umum
b. sekuler, tidak percaya adanya ajaran dosa dan pahala
c. hedonis, mengutamakan kenikmatan jangka pendek
d. ekonomis, menghemat anggaran belanja/pengeluaran
e. fanatis, hanya mengakui kebenaran kelompok sendiri
33. Lembaga sosial adalah seperangkat norma khusus yang mengatur kegiatan sosial tertentu untuk memenuhi kebutuhan hidup guna menjaga kelangsungan hidup masyarakat. Jadi, hakikat lembaga sosial adalah ….
a. seperangkat norma khusus d. kegiatan menjaga kelangsungan masyarakat
b. kegiatan masyarakat tertentu e. kumpulan individu yang mempunyai norma khusus
c. upaya memenuhi kebutuhan hidup
34. Keluarga senantiasa berusaha menjaga putra-putrinya dari pengaruh negatif gaya hidup liberal/bebas yang serba permisif dan tidak takut dosa. Upaya tersebut dilakukan dalam rangka menjalankan fungsi ….
a. sosialisasi c. edukasi e. afeksi
b. ekonomi d. proteksi
35. Sesuai ketentuan kurikulum, sekolah memberikan pelajaran sejarah, bahasa, dan geografi nasional. Hal itu membuktikan, bahwa lembaga sekolah mempunyai fungsi politis, yaitu ….
a. menjaga kesatuan dan integrasi bangsa
b. mengembangkan bakat dan minat siswa
c. membentuk generasi yang berbudi luhur
d. mewariskan kekayaan budaya masyarakat
e. memberikan keterampilan untuk bekerja
36. Masyarakat membangun berbagai lembaga ekonomi yang mencakup lembaga produksi, distribusi, dan konsumsi. Pada dasarnya, fungsi utama dari lembaga ekonomi bagi masyarakat adalah ….
a. meningkatkan hasil pertanian pangan
b. menanamkan kebiasaan pola hidup hemat
c. mengendalikan jumlah dan mutu penduduk
d. mengembangkan sistem ekonomi modern
e. mengatur kegiatan mencapai kemakmuran
37. Seorang siswa melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Minat Baca terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Garuda“. Variabel bebas dalam peneltian tersebut adalah ….
a. proses belajar c. minat baca e. siswa
b. prestasi siswa d. pengaruh
38. Ketika mengumpulkan data, sambil bermain di Warnet, siswa peneliti mengamati para pelajar yang bermain Games On Line. Kemudian ia mencatat jenis permainan apa yang paling disukai para pelajar.
Dalam contoh tersebut, data penelitian diperoleh dengan teknik ….
a. observasi non-partisipasi c. wawancara mendalam e. dokumentasi
b. observasi partisipasi d. angket kuesioner
39. Data besaran uang saku harian para siswa disusun dalam Tabel berikut:
Uang Saku (Rp) f Catatan:
25.000 30 Mo = 10.000,-
20.000 40
15.000 60
10.000 70
5.000 40
JUMLAH 240
Modus dari data dalam tabel sebesar Rp 10.000,- mempunyai arti, bahwa ….
a. paling kecil uang saku siswa miskin Rp 10.000,-/hari
b. rata-rata uang saku siswa di sekolah Rp 10.000,-/hari
c. terbanyak siswa dengan uang saku Rp 10.000,-/hari
d. paling tinggi uang saku siswa Rp 10.000,-/hari
e. paling ideal uang saku siswa Rp 10.000,-/hari
40. Hasil kegiatan penelitian sosial perlu sekali disusun dalam bentuk laporan tertulis dengan sistematika sebagai karya ilmiah. Fungsi pokok dari laporan penelitian tersebut adalah ….
a. mengembangkan minat terhadap penelitian d. melengkapi tugas mata pelajaran tertentu
b. mengkomunikasikan hasil penelitian e. menambah jumlah koleksi perpustakaan
c. menggali sumber ilmu pengetahuan baru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar